Tips Pengajuan Informasi Publik & Sengketa Informasi Publik

Tips tata cara permintaan informasi publik
1. Permintaan Informasi kepada Badan Publik dapat diajukan secara tertulis atau tidak tertulis.
2. Permintaan informasi diajukan kepada PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dari Badan Publik.
3. Pastikan informasi yang dimintakan secara tidak tertulis, dicatat dengan baik oleh si-Badan Publik terkait perihal informasi yang diminta, format informasi termasuk cara penyampaian informasi yang diminta oleh pemohon informasi publik serta dicatat nama, alamat dan nomor kontak anda sebagai pemohon informasi.
4. Sebelum beranjak, pastikan anda juga mencatat nama, jabatan dan nomor kontak si-Badan publik yang menerima permintaan informasi anda secara tidak tertulis termasuk meminta Badan Publik terkait untuk memberikan tanda bukti penerimaan permintaan Informasi Publik seperti berupa nomor pendaftaran pada saat permintaan diterima atau tanda terima bahwa si-Badan Publik telah menerima informasi yang anda minta.
5. Jika permintaan informasi dilakukan melalui tertulis/surat, pastikan anda menyimpan bukti pengiriman surat tersebut dengan baik.

Tips memantau permohonan informasi publik
1. Ketika permintaan informasi kepada Badan Publik sudah diberikan, waktunya anda memantau durasi waktu si-Badan Publik harus merespon permintaan informasi anda.
2. Ingat! pemantauan pertama adalah 10 hari kerja sejak diterimanya permintaan informasi.
3. Setelah menerima permintaan informasi dari anda, si Badan Publik memiliki kewajiban untuk menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada anda apakah informasi yang diminta berada di bawah penguasaannya atau tidak. Jika tidak, maka si-Badan Publik tersebut wajib memberitahukan Badan Publik mana yang menguasai informasi tersebut.
4. Si-Badan Publik juga menyampaikan adanya penerimaan atau penolakan permintaan informasi disertai alasannya; permintaan informasi diterima seluruhnya atau sebagian; permintaan informasi yang dikecualikan; alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi tesebut; biaya serta cara pembayaran untuk memperoleh informasi yang diminta.
5. Perlu diketahui bahwa Badan Publik dapat memperpanjang waktu untuk mengirimkan pemberitahuan informasi yang anda minta dalam jangka waktu paling lambat 7 hari kerja berikutnya dengan memberikan alasan tertulis.

Tips jika Badan Publik menolak memberikan informasi public
1. Mengajukan keberatan secara tertulis ditujukan kepada Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Badan Publik yang bersangkutan khususnya penolakan informasi berdasarkan alasan pengecualian.
2. Ingat! Jika mengajukan keberatan harus dipantau dengan benar rentang waktu pengajuan informasi publik tersebut:
• Keberatan diajukan paling lambat 30 hari kerja setelah diketahui alasan penolakan pemberian informasi publik.
• Atasan PPID memberikan tanggapan tertulis atas keberatan yang diajukan oleh anda dalam waktu paling lambat 30 hari kerja sejak diterimanya keberatan secara tertulis.
3. Menyelesaikan secara musyawarah jika penolakan memberikan informasi tersebut dikarenakan tidak tersedianya informasi secara berkala; tidak ditanggapinya permintaan informasi; permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta; tidak dipenuhinya permintaan informasi; pengenaan biaya yang tidak wajar; penyampaian informasi yang melebih waktu yang diatur UU.

Tips jika keberatan di atas tidak di tanggapi atau ditanggapi tetapi tidak memuaskan pemohon informasi
1. Segera siapkan dokumen-dokumen untuk di ajukan upaya penyelesaian sengketa informasi kepada Komisi Informasi Pusat dan/atau Komisi Informasi Provinsi dan/atau Komisi Informasi Kabupaten/Kota.
2. Upaya penyelesaian sengketa informasi tersebut diajukan dalam waktu 14 hari kerja setelah adanya tanggapan tertulis dari atasan pejabat PPID Badan Publik yang dimaksud.
3. Penyelesaian proses sengketa di atas paling lambat diselesaikan dalam waktu 100 hari kerja.
4. Pihak Komisi Informasi akan memanggil para pihak secara terpisah untuk melakukan klarifikasi terlebih dahulu atas pengajuan sengketa informasi tersebut.
5. Langkah awal yang dilakukan Komisi Informasi dalam penyelesaian sengketa tersebut adalah secara mediasi yang di tawarkan kepada para pihak secara sukarela.
6. Jika mediasi tidak berhasil atau salah satu pihak menarik diri dari perundingan, maka penyelesaian sengketa melalui ajudikasi (sidang Komisi Informasi yang memeriksa dan memutus perkara). Untuk itu, anda sebagai Pemohon Informasi harus menyiapkan bukti-bukti dan sanggahan-sanggahan yang dapat disampaikan dalam persidangan tersebut.
7. Patut di ingat, jika Pemohon informasi tidak menerima putusan sengketa informasi tersebut, maka dapat diajukan gugatan ke PTUN (jika yang di gugat adalah Badan Publik) dan ke Pengadilan Negeri (jika yang digugat adalah Badan Publik yang bukan Badan Publik Negara) dalam jangka waktu 14 hari kerja sejak diterimanya putusan tersebut
8. Jika Pemohon informasi tidak menerima putusan gugatan pengadilan TUN atau Pegadilan Negeri , makadapat diajukan kasasi ke Mahkamah Agung dalam jangka waktu 14 hari kerja sejak diterimanya putusan tersebut

2019-03-19T22:35:03+00:00
%d bloggers like this: