Sejak pertengahan Maret 2020, Pemerintah mulai mengeluarkan kebijakan Work From Home (WFH) karena semakin cepatnya penularan virus corona di Indonesia, dengan diberlakukannya kebijakan tersebut, banyak kegiatan ekonomi yang mengalami dampak buruk, salah satunya adalah para peternak ayam.

Hasil temuan kami, para peternak ayam mengalami kerugian karena sektor yang menyerap hasil ternak ayam mulai tidak beroperasi, seperti restoran-restoran, pasar, hotel, usaha katering dan usaha-usaha yang berkaitan dengan pengolahan daging ayam. Hal tersebut disebabkan kebijakan yang berkaitan dengan pembatasan kegiatan untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Permasalahan kerugian yang dialami para peternak ayam tersebut disebabkan oleh penumpukan ayam ternak di kandang sementara permintaan pasar menurun drastis, sehingga terjadi kelebihan produksi (oversupply) dan menyebabkan terjadinya penurunan harga yang signifikan. Hingga saat ini, Pemerintah tidak melakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan harga jual ayam yang di bawah harga acuan.

Lengkapnya bisa download di link berikut!