Ghost Lawyer adalah kemandirian berperkara dan beracara sendiri dalam proses hukum.

Menjalani proses hukum sendiri tanpa bantuan advokat atau penasihat hukum jelas bukanlah pilihan. Namun seringkali, orang harus menhadapi situasi pahit tersebut karena berbagai alasan mulai dari keterbatasan jumlah advokat, biaya yang tak terjangkau, khawatir dan takut menjani proses hukum yang berlarut-larut dan mendapatkan hukuman yang lebih berat karena ancaman dari oknum penegak hukum.

Diperkirakan sebanyak 80% terdakwa di pengadilan menjalani proses persidangan seorang diri tanpa mendapatkan pembelaan dari penasehat hukum.

Lebih buruk lagi, 90% terpidana di penjara dan lembaga pemasyarakatan menjalani proses penghukuman sendiri tanpa bantuan untuk mengajukan banding, kasasi atau peninjuan kembali dan upaya hukum lainnya seperti mengajukan pembebasan bersyarat dan lainnya.

Proyek kemandirian berperkara dan beracara sendiri yang digagas LOKATARU tidak bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk tidak percaya terhadap jasa bantuan hukum dan advokat yang menjadi haknya, melainkan lebih untuk membantu masyarakat yang dalam keadaan terpaksa harus menolong dirinya sendiri menjalani proses hukum dengan bekal pengetahuan yang memadai atas proses hukum beracara yang akan dihadapi. Dengan itu, diharapkan dapat meminimalisir atau terhindar dari risiko menjadi korban suatu proses hukum yang sewenang-wenang. 

Bagian ini mencakup lingkup hukum yang luas dan terus berkembang dan menyediakan ratusan tips dan formulir yang bersifat praktis dan mudah untuk diunduh dan digunakan masyarakat.